Minggu, 07 Februari 2010

Diposting oleh Daniel~~ blogzzz


Istilah teknologi selintas terkesan “angker”, cenderung dipersepsikan sebagai sesuatu yang hebat dan canggih. Boleh jadi karena pada era postmodern ini teknologi memang lebih diwarnai oleh penemuan-penemuan spektakuler; seperti misalnya penemuan peralatan kedokteran yang sangat memudahkan dokter dan para medis dalam mendeteksi suatu penyakit, penggunaan sistem komputer pada pesawat terbang komersial di mana ketinggian maupun posisi pesawat bisa diketahui oleh penumpang dan bahkan pendaratannya pun bisa diatur sedemikian rupa dan sebagainya.



Teknologi sesungguhnya sudah ada sejak lama, sejak manusia di atas bumi ini mengenal peradaban. Ia tidak lain dari sarana yang diciptakan dengan mensinergikan potensi yang ada, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam, sebagai reaksi atas tantangan hidup pada suatu zaman yang tujuannya adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup secara efisien dan efektif.

Kalau kita melihat ke belakang pada perjalanan sejarah peradaban manusia, kita akan mendapati bagaimana teknologi telah berproses. Pola bercocok tanam dan cara pemupukan yang terus mengalami perkembangan pada masyarakat agraris adalah berkat ditemukannya teknologi pertanian yang terus meningkat. Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi juga merambah ke bidang-bidang lain.

Terjadinya pergeseran tatanan masyarakat dari agraris ke industri adalah berkat adanya penemuan-penemuan di bidang industri, demikian seterusnya sampai muncul teknologi informasi, yang membuat masyarakat dunia dapat berkomunikasi atau memperoleh informasi dari tempat atau belahan bumi yang sangat jauh secara cepat seakan-akan tanpa jarak, sehingga kemudian timbul istilah globalisasi.

Apakah Teknologi Informasi?

Dalam Pengenalan Komputer, Jogiyanto H.M. mendifinisikan informasi sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Apa yang dapat disimak dari uraian tersebut adalah bahwa terdapat proses pengolahan data sebelum diperoleh keluaran (output) yang disebut informasi. Dalam proses pengolahan data tersebut berperan suatu sistem yang pasti melibatkan komponen manusia di dalamnya di samping perangkat yang bernama sistem komputer, suatu produk teknologi mutahir yang dewasa ini telah menjadi kebutuhan, baik di lingkungan perkantoran maupun rumah tangga.

Kemajuan teknologi komunikasi mempunyai pengaruh pada perkembangan kegiatan pengolahan data. Data dari suatu tempat dapat dikirim dengan alat telekomunikasi. Radio, televisi, telegram, faksimil, walkie-talkie dan telepon adalah contoh media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi jarak jauh, tetapi masing-masing media itu memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri.

Seperti kita ketahui, pesawat radio dan televisi dapat memberikan informasi kepada kita lewat siaran-siarannya yang dipancarkan dari stasiunnya masing-masing, tetapi kita tidak mungkin melakukan pertukaran informasi karena pesawat-pesawat tersebut menggunakan tipe transmisi satu arah (one-way transmission) atau disebut juga simplex. Lain halnya dengan telegram, faksimil dan walkie-talkie. Media ini bisa untuk mengirim dan menerima informasi, hanya saja tidak dalam waktu yang bersamaan karena menggunakan tipe transmisi dua arah bergantian (two-way transmission) yang juga dikenal dengan istilah HDX (half-duplex).

Bagaimana dengan telepon? Karena menggunakan tipe transmisi dua arah serentak (both-way transmission) alias FDX (full-duplex), maka seperti yang biasa kita lakukan, dengan telepon kita bisa melakukan komunikasi dua arah dalam waktu yang sama. Dalam perkembangan selanjutnya, setelah ditemukan sistem jaringan yang bernama internet, telepon makin berperan dalam kehidupan manusia karena di samping tetap dijadikan alat komunikasi umum oleh masyarakat luas juga menjadi salah satu komponen dalam sistem internet yang kian hari kian bertambah jumlah pemakainya.

Internet adalah bagian dari teknologi informasi yang telah memberikan sumbangan demikian besar pada perkembangan peradaban manusia pada milenium ini. Lewat internet dunia seolah-olah disulap menjadi demikian kecil, menjadi sebuah miniatur, sehingga kita bisa menjelajahinya dengan mudah hanya dengan duduk di hadapan sebuah komputer yang telah terhubung ke dalam jaringannya lewat ISP (Internet Service Provider) tertentu.

Lewat internet kita tidak hanya bisa men-download informasi menyangkut masalah politik, ekonomi, budaya dan lain sebagainya, tetapi juga bisa menikmati hiburan, bertukar informasi secara kilat dan relatif murah lewat fasilitas surat elektronik yang bernama e-mail. Tentu saja masih banyak fasilitas lain lagi yang terus bertambah seiring berjalannya waktu.

2 komentar:

Irene Cambell mengatakan...

Terima kasih atas artikelnya yang sangat membantu

Irene Cambell mengatakan...

http://istanabola.com

Posting Komentar

Tempat Chating!


ShoutMix chat widget